RSS
Facebook
Twitter

Senin, 16 Februari 2015


Diantara sahabat sekalian mungkin ada yang menggunakan Operating System (OS) Linux atau menggunakan dual boot OS, disini saya menggunakan dual boot OS yaitu Windows 7 dan Linux mint 17.1. Linux adalah operating system OpenSource yang free atau gratis digunakan oleh siapa pun kalian, Linux juga banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar untuk keamanan Informasi Teknologi-nya. Bagi pengguna awam, mungkin linux adalah OS yang rumit karna hampir seluruhnya menggunakan source code untuk berinteraksi, tapi jika kalian sudah memahami dan menikmati opensource justru itu sangat seru untuk tantangan buat kalian semua.

Dalam penggunaan dual boot OS antara Windows dan Linux, tentu pastinya ada sebuah pilihan saat akan memulai masuk ke OS tersebut, salah satunya yang termudah dan friendly adalah yang disebut GRUB singkatan dari GRand Unified Bootloader, yaitu program kecil yang menampilkan pilihan sistem operasi pada saat proses booting sehingga nantinya dapat melakukan multiple boot. GRUB sangat berguna apabila kita menginstall lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer, Istilah kerennya adalah dual booting. Biasanya default sistem operasi pada menu GRUB adalah Linux mint. Istilah “default” disini artinya adalah sistem operasi yang akan dijalankan secara otomatis apabila kita tidak memilih sistem operasi lain pada daftar menu GRUB.

Pada saat saya menggunakan Linux Ubuntu, saya pernah menghadapi suatu masalah dalam GRUB, yaitu GRUB Hilang Berikut saya akan kasih solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut :



1. Booting menggunakan LiveUSB atau Ubuntu Live CD Ubuntu Installasi. (Disini saya menggunakan LiveUSB Linux mint 17.1*).
*Sesuaikan dengan Linux Kalian

2. Setelah berhasil masuk ke dekstop Linux mint-nya, silahkan buka terminal (ctrl+alt+t)

# Cek Partisi hardisk :
~$ sudo fdisk -l

Cara ini digunakan untuk mengetahui dimana letak instalasi Linux mint, sebagai contoh linux mint saya ada pada partisi  /dev/sda6, mungkin berbeda pada partisi kalian. 

# Mount partisi Linux mint kalian :

~$ sudo mount /dev/sda(*) /mnt
(*)Sesuaikan dengan letak partisi Linux kalian

# Install GRUB ke partisi yang sudah di mount :

~$ sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda


# Update GRUB :

Proses update ini penting untuk me-refresh grub yang baru saja kalian install.
~$ sudo update-grub


3. Langkah terakhir, restart PC/Laptop sahabat untuk melihat hasil nya apakah Grub yang tadi sudah di install berjalan baik saat booting atau belum.

0 komentar:

Posting Komentar